You are here

7 Cara Alami Mengatasi Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari

Masalah kulit terbakar sudah jadi hal biasa bagi kamu yang tinggal di Indonesia. Terletak pada iklim tropis menyebabkan Indonesia memperoleh pancaran sinar matahari maksimal. Itulah sebabnya, kenapa kita perlu lebih ekstra merawat kulit yang seringkali terpapar sinar matahari.

Banyaknya kegiatan mengharuskan kamu untuk beraktivitas di luar ruangan. Bahkan pada saat liburan ke pantai atau mendaki gunung, risiko terbakarnya kulit oleh matahari sangatlah besar.

Meskipun telah melakukan berbagai persiapan seperti menggunakan tabir surya, seringkali kita masih saja “kecolongan”. Tanpa disadari kulit sudah memerah dan pedih, yang pada akhirnya berubah menjadi gosong karena paparan sinar matahari tersebut.

Kulit yang terbakar oleh sinar matahari memang sangat menyiksa. Rasanya seperti memar dan pedih. Namun bila tidak terlalu parah, kamu bisa melakukan pengobatan sendiri kok, Ledis! Yuk, simak caranya di bawah ini!

 

1. Minumlah air putih, karena kulit yang terbakar sedang mengalami dehidrasi cukup serius.

Minum banyak air putih

Minum banyak air putih via youqueen.com

Pertolongan pertama yang harus kamu lakukan adalah minum air putih yang banyak. Aktivitas di luar ruangan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Air putih akan mengembalikan kelembaban kulit yang terbakar sinar matahari.

 

2. Pakailah handuk basah untuk mengompres kulit yang sedang meradang akibat terbakar matahari.

Kompres dengan handuk dingin

Kompres dengan handuk dingin via fashion-360.net

Kulit yang terbakar matahari pasti terasa panas dan pedih. Untuk mengatasinya, gunakan air dingin. Tapi jangan langsung disiram, karena dapat membuat luka kulit semakin parah.

Gunakan handuk basah sebagai perantara untuk mengompresnya. Lakukan perlahan-lahan, ulangi beberapa kali selama 10-15 menit dalam sehari. Perawatan ini bertujuan untuk menormalkan kembali temperatur kulit kamu.

 

3. Kulit yang terbakar kehilangan banyak kelembaban, oleh sebab itu secara teratur oleskan pelembab .

Gunakan pelembab/ body lotion

Gunakan pelembab/ body lotion via www.redbookmag.com

Kulit yang terbakar sinar matahari mengalami kerusakan yang parah sehingga menyebabkan dehidrasi dan kehilangan elastisitas. Mengoleskan pelembab pada kulit sangat membantu mengembalikan kelembaban serta mempercepat proses regenerasi kulit.

Perhatikan produk pelembab yang kamu pakai. Apakah aman atau tidak digunakan untuk merawat kulit yang rusak akibat sunburn. Perhatikan komposisinya, jangan gunakan pelembab yang mengandung petroleum dan benzocaine, karena bahan tersebut justru membuat panas pada kulit terperangkap.

 

4. Gunakan lidah buaya untuk mengobati rasa pedih pada kulit yang terbakar.

Obati dengan lidah buaya

Obati dengan lidah buaya via www.livestrong.com

Salah satu khasiat lidah buaya bagi kulit adalah untuk obat mengatasi rasa pedih akibat terbakar sinar matahari. Kompreslah luka pada kulit dengan menggunakan gel atau isi dari lidah buaya. Lidah buaya mengandung licodaine yang mampu meredakan rasa pedih yang timbul pada kulit akibat terbakar sinar matahari.

 

5. Gunakan madu yang dicampur dengan perasan jeruk lemon untuk memulihkan kembali kulit.

Madu dan lemon untuk memulihkan luka bakar

Madu dan lemon untuk memulihkan luka bakar www.findhomeremedy.com

Setelah kulitmu sudah mulai membaik dan berangsur-angsur normal, lakukan perawatan lebih lanjut agar kulit kembali pulih dengan normal seperti sebelumnya. Bila dibiarkan begitu saja, bekas sunburn akan sulit hilang dan mengganggu penampilan.

Lakukan perawatan ramuan madu yang dicampur dengan perasan jeruk lemon. Oleskan ramuan tersebut pada kulit 2 kali dalam sehari selama beberapa hari. Perawatan ini bertujuan agar kulit bisa kembali normal.

 

6. Oleskan campuran minyak zaitun dan perasan lemon pada kulit yang terbakar matahari agar kulit kembali lembab dan halus.

Minyak zaitun dan lemon menghaluskan bekas luka

Minyak zaitun dan lemon menghaluskan bekas luka via pravdanews.info

Kulitmu masih butuh pertolongan untuk mengembalikan kelembabannya. Gunakan minyak zaitun dan air perasan jeruk lemon untuk mengembalikan kelembaban pada kulit. Selain itu, minyak zaitun dicampur lemon juga berfungsi untuk menghaluskan kembali luka bekas terbakar.

Oleskan campuran minyak zaitun dan lemon pada kulit minimal dua kali sehari agar kulit bisa kembali normal dengan maksimal. Setelah pulih kembali, kamu masih bisa meneruskan ritual ini sebagai perawatan kulit.

 

7. Untuk mengembalikan warna kulit yang sempat gosong, balurlah kulit Kamu dengan menggunakan jus pepaya.

Jus pepaya mengembalikan warna kulit

Jus pepaya mengembalikan warna kulit via www.diyhealthremedy.com

Meskipun sudah pulih dan normal, warna kulit yang sempat terbakar masih terlihat gosong dari yang lainnya. Untuk mengembalikan warna kulit seperti semula, kamu bisa menggunakan jus pepaya. Balurkan jus pepaya ke kulitmu yang warnanya masih gelap akibat terbakar matahari.

 

Cukup mudahkan, ledis? perlu untuk selalu diingat apabila hendak beraktivitas outdoorselalu lindungi tubuh kamu dari sengatan matahari. Namun apabila sunburn tak bisa dihindari, lakukan saja cara-cara di atas untuk menyembuhkan kulitmu yang terbakar oleh sinar matahari. Semoga bermanfaat!

Sumber : http://www.ledisia.com/perawatan-kulit/7-cara-alami-mengatasi-kulit-yang...

Tags : Skincare, Tips Kecantikan, Kecantikan, Tips Skincare.