You are here

8 Trik Atasi Kulit Kombinasi



Kulit kombinasi ditandai dengan area kulit berminyak di daerah T, yaitu dahi, hidung, dan dagu, namun kering di daerah pipi dan sekitar mata. “Untuk kulit kombinasi sebaiknya gunakan dua produk perawatan kulit, yaitu produk untuk kulit berminyak untuk area T dan produk untuk kulit normal cenderung kering untuk area pipi dan mata,” ujar dr. Riri Elmarina, SpKK dari Impression Clinic.



Untuk alasan kepraktisan, kini tersedia produk yang dikhususkan untuk kulit kombinasi. 



Berikut ini 8 tip memilih produk dan perawatan yang tepat untuk jenis kulit kombinasi. 

1. Pembersih wajah

Gunakan pembersih wajah berbahan dasar air, bertekstur gel, minyak, atau busa lembut. Hindari sabun atau pembersih batangan jenis apa pun karena mengandung detergen yang membuat kulit menjadi  makin kering. 

2. Toner penyegar

Sesudah membersihkan wajah, aplikasikan face toner yang mengandung antioksidan, berbahan dasar air atau gliserin.

3. Pelembap khusus 

Gunakan pelembap terutama pada area wajah yang kering, seperti sekitar bibir dan bawah mata, untuk menghindari garis halus. Pada area wajah yang cenderung berminyak, oleskan pelembap tipis-tipis saja. Pilih pelembap bertekstur gel atau lotion yang mengandung lebih banyak air untuk melembapkan kulit kering tanpa membuatnya berminyak. 

4. Memilih alas bedak dan tabir surya

Untuk jenis kulit kombinasi, pilih alas bedak bertekstur matte atau pressed powder yang mengandung tabir surya minimal SPF 15. Bila Anda tidak menggunakan alas bedak, gunakan tabir surya berformula titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone yang aman untuk kulit kombinasi sebelum memakai  bedak.  

5. Bedak yang Tepat

Bedak tabur cocok untuk jenis kulit kombinasi karena lebih mudah menyatu di kulit dan tampak alami. Jika ingin memilih compact powder, gunakan yang berformula oil free, noncomedogenic, dan hypoallergenic.

6. Masker wajah 

Jenis masker yang cocok untuk kulit kombinasi adalah masker berbahan dasar alami, seperti mentimun dan gel daun lidah buaya. Gunakan masker bentuk jelly atau clay mask untuk area wajah berminyak (dahi, dagu, dan hidung), dan  masker  bentuk krim untuk area yang kering. 

7. Nutrisi tambahan

Selain  menggunakan produk kecantikan dan perawatan yang tepat, konsumsi juga nutrisi untuk menyehatkan kulit, seperti vitamin A, C, E, zinc, dan selenium yang dikenal sebagai antioksidan. Serta essential fatty acids (EFA) yang berguna untuk mencegah penuaan dini.

8. Perawatan malam

Gunakan produk yang mengandung tretinoin seperti retin-A, renova, dan avita yang membantu menumbuhkan sel-sel kulit baru yang sehat pada  malam hari. Pilih produk bertekstur lotion atau gel untuk kulit kombinasi.

Perhatikan ini:



• Hindari membersihkan wajah terlalu sering yang bertujuan mengurangi jumlah produksi minyak pada area T. Hal ini justru memicu kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak lagi dan membuat area kulit yang kering menjadi  makin kering. Bersihkan wajah setidaknya dua kali dalam sehari.

• Bawa tisu wajah untuk menyerap minyak berlebih di daerah T.

• Lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kotoran dan sel kulit mati setidaknya dua minggu sekali.

• Hindari kebiasaan menyentuh atau memijat wajah dengan tangan atau jari yang tidak bersih. Hal ini menyebabkan masalah kulit lebih lanjut, seperti jerawat. Jika ini terjadi, segera oleskan acne gel

Sumber : https://www.femina.co.id/article/8-trik-atasi-kulit-kombinasi

Tags : Kulit wajah kombinasi, Cara mengatasi wajah kombinasi, Tips Skincare.