You are here

Cara Mencegah Keriput Di Leher

cara mencegah keriput di leher

Salah satu tanda penuaan yang paling mudah dikenali adalah mulai munculnya kerutan di bagian wajah, leher, tangan dan bagian tubuh lainnya. Kerutan ini muncul ketika kulit kehilangan tingkat elastisitas atau kelenturannya.

Pemicunya bisa karena faktor usia, radikal bebas, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai serta masih banyak lainnya.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kita bisa menempuh berbagai langkah yang telah disarankan oleh pakar kulit seperti meninggalkan semua jenis kosmetik berlebih, membatasi asupan kalori, gula dan lemak, menghentikan kebiasaan merokok dan memulai menjalankan gaya hidup sehat, berolahraga dan lain-lain.

Kerutan juga bisa dipicu oleh kendurnya otot dan biasanya hal ini lebih sering terjadi di bagian leher. Bila penyebabnya kekuatan otot yang hilang maka kita perlu melakukan beberapa latihan kecik untuk melatih otot-otot yang kendur tersebut.

Tujuannya tentu saja untuk mengembalikan kekencangan kulit di bagian leher dan sekitarnya. Lalu latihan seperti apa yang harus kita jalankan? Silahkan baca penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Berikut adalah beberpa tips dan cara mencegah keriput di leher seperti dikutip dari beberapa sumber dan pakar ternama.

1. Ucapkan huruf O

Seperti dilansir oleh Anti Aging Skin Care Guide bahwa salah satu latihan kecil yang dapat mengencangkan otot di bagian leher adalah dengan membuka mulut selebar mungkin lalu ucapkan huruf O.

Tahan posisi ini selama beberapa detik dan pastikan seluruh otot leher menegang. Ulangi langkah ini sebanyak 20 kali setiap harinya.

2. Ucapkan huruf A dan U

Meskipun terdengar mudah namun bila tidak dilakukan dengan benar maka hasilnya akan sia-sia saja. Mulailah menghadap cermin lalu buka mulut lebar-lebar dan ucapkan huruf A.

Saat mengucapkannya bibir kita tidak boleh menyentuh bagian gigi sama sekali, tahan posisi ini selama beberapa detik lalu kembalikan ke posisi semula.

Ulangi langkah tersebut sebanyak kita bisa dan lakukan secara teratur. Selain mengucapkan huruf A, ucapkan pula huruf U. Untuk tata caranya sama dengan pengucapan huruf A.

3. Teknik chin lift

Teknik ini tidak kalah mudah dengan berbagai metode yang telah disebutkan di atas. Ambil posisi berdiri atau duduk lalu miringkan sedikit kepala ke samping hingga kita bisa melihat dinding bagian atas.

Setelah itu letakkan tangan kita tepat di bagian bawah leher dan buka mulut sampai otot leher menegang. Tahan posisi ini selama beberapa saat lalu kembalikan ke posisi awal. Ulangi latihan kecil tersebut sebanyak kita bisa dan jalankan setiap hari secara teratur.

4. Memutar kepala

Di antara semua metode di atas mungkin inilah yang paling mudah dilakukan. Kita hanya harus menolehkan kepala ke bagian samping lalu pegang selama 20 detik lalu kembalikan ke posisi semula.

Ulangi langkah di atas selama beberapa kali putaran, jangan lupa untuk menggunakan dua sisi yakni sisi kiri dan samping.

Sumber : http://www.sukawera.com/cara-mencegah-keriput-di-leher/

Tags : Skincare, Tips Kecantikan.