You are here

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Ada Di Sini

Sebagian faktor risiko kemunculan keriput masih bisa dikontrol, misalnya kebiasaan merokok, ekspresi wajah berulang-ulang, dan paparan sinar ultraviolet secara berlebihan. Sementara itu, faktor risiko yang tidak bisa dikontrol adalah faktor usia.

cara menghilangkan kerutan dibawah mata ada di sini - alodokter

Rokok diprediksi dapat menjadikan proses penuaan pada kulit berjalan lebih cepat dibandingkan biasanya. Hal ini kemungkinan karena merokok berisiko mengubah suplai darah ke kulit. Mengenai hubungan dengan ekspresi wajah, seperti sering menyipitkan mata, berisiko memicu munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Sinar ultraviolet yang menerpa kulit mampu memecah jaringan ikat pada kulit, seperti kolagen dan serat elastin. Tanpa jaringan pendukung tersebut, kulit akan kehilangan fleksibilitas sehingga muncul kerutan dini. Faktor usia sendiri tentu dapat mengurangi elastisitas kulit secara alami diakibatkan menurunnya produksi minyak kulit.

Beberapa Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata

Selain di sekitar mata, kerutan biasa terjadi juga di bagian wajah lain dan leher. Langkah-langkah di bawah ini bisa digunakan untuk mengatasi hadirnya kerutan, termasuk kerutan dibawah mata.

  • Menggunakan krim obat

Secara umum, krim mata mengandung bahan anti penuaan yang lembut untuk kulit. Konsentrasi bahan yang digunakan juga lebih rendah dibandingkan untuk bagian tubuh lain, mengingat kulit sekitar mata lebih halus dari bagian lainnya.

Adapun bahan yang biasa terkandung di dalam krim mata adalah retinoid, peptida, dan agen penghidrasi (seperti asam hialuronat). Bahan-bahan tersebut berperan mengisi kerutan yang ada di sekitar mata. Bahan lain yang direkomendasikan terkandung dalam krim untuk mengurangi kerutan dibawah mata adalah coenzyme Q10. Bahan ini juga berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Krim antikerut juga bisa didapatkan tanpa resep dokter. Beberapa bahan aktif yang terdapat dalam krim yang dijual bebas antara lain retinol, asam hidroksi alpa, antioksidan, dan sejumlah peptida. Sayangnya krim antikerut tanpa resep dokter hanya sedikit mengandung bahan aktif sehingga hasilnya tidak sebaik yang diresepkan dokter.

Untuk menghilangkan kerutan dibawah mata secara cepat, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Salah satunya adalah suntikan toksin botulinum atau biasa dikenal dengan suntik botoks. Dalam dosis tertentu dan dilakukan oleh dokter, suntikan ini akan melemaskan otot-otot yang menyebabkan keriput dan kerutan pada kulit.

Cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan kerutan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari (sinar UV) atau karena faktor usia adalah dengan chemical peels. Metode perawatan wajah ini bertujuan membuang sel kulit mati menggunakan bahan kimia. Sel baru yang muncul selanjutnya akan membentuk lapisan kulit baru yang lebih halus.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan laser. Pemakaian laser akan merangsang pertumbuhan kolagen dan serat kulit baru yang lebih kencang dan halus. Dermabrasi dan microdermabrasi juga bisa digunakan untuk menghilangkan kerutan dibawah mata. Proses ini secara sederhana digunakan untuk menghilangkan permukaan kulit yang berkerut sehingga lapisan kulit baru tumbuh di sana.

Teknik lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerut dibawah mata adalah melalui pengisian jaringan lunak  (teknik filler). Jaringan lunak seperti lemak, kolagen, dan gel asam hyaluronic disuntikkan ke dalam kerutan sehingga kerutan terisi alias hilang.  Terakhir, pengencangan kulit dengan perangkat yang mengeluarkan panas bisa dilakukan untuk mengusir kerutan dibawah mata.

 Segera aplikasikan cara menghilangkan kerutan dibawah mata sebagaimana diuraikan di atas. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi diri sendiri.

Sumber : http://www.alodokter.com/cara-menghilangkan-kerutan-dibawah-mata-ada-di-...

Tags : Kerutan, Skincare, Cara menghilangkan kerutan dibawah mata, Kerutan di bawah mata.