You are here

Efek Buruk Rokok bagi Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui

Efek buruk rokok bagi kecantikan yang wajib anda ketahui - Seperti yang telah kita ketahui bahwa rokok memiliki kandungan bahan atau zat-zat berbahaya yang jika dikonsumsi terus menerus. Oleh sebab itu bagi semua orang sangat disarankan untuk tidak melakukan kebiasaan merokok, apalagi terus-menerus hingga kecanduan.
 
Rokok mengandung zat kimia berbahaya seperti nikotin, ammonia, hydrogen cyanide, methanol, tar, dan masih banyak lagi. Zat-zat itu akan merusak tubuh pecandu rokok secara perlahan, baik itu perokok aktif maupun pasif. Adapun penyakit yang mengintai para perokok sudahlah jelas, seperti yang telah tertara pada bungkus rokok seperti penyakit paru-paru, jantung, kanker, gagal janin, dan lain sebagainya. Itulah mengapa merokok sangat disarankan untuk tidak dijadikan sebagai kebiasaan.
 
Selain memiliki efek buruk bagi kesehatan, sebenarnya rokok juga sangat berefek buruk bagi kecantikan. Sebab, kandungan yang terdapat di dalam rokok juga dapat mempengaruhi kulit, sehingga kulit lebih mudah terserang gangguan. Berikut ini beberapa efek buruk rokok bagi kecantikan:
 
Efek Buruk Rokok bagi Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui
Efek Buruk Rokok bagi Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui

1. Menghitamkan bibir dan gusi

Rokok mengandung berbagai macam zat kimia yang dapat membuat bibir dan gusi menjadi hitam. Bahan atau zat kimia dalam rokok tersebut menurunkan masuknya oksigen, sehingga kulit menjadi kusam dan menghitam. Hal ini terjadi terutama pada daerah bibir dan gusi.
 

2. Penuaan dini

Seperti yang telah kita ketahui bahwa asap rokok mengandung beribu zat kimia berbahaya, bukan hanya bahaya bagi kesehatan saja, tapi juga bahaya bagi kecantikan tubuh. Kulit anda akan mengkerut, kusam, dan bermasalah lainnya. Yang akhirnya akan memunculkan garis halus dan menyebabkan penuaan dini.
 

3. Wajah mengalami kerutan

Zat kimia yang terkandung dalam rokok juga dapat menyebabkan kulit mengkerut. Hal ini disebabkan karena efek dari zat kimia berbahaya dalam rokok. Biasanya kerutan ini akan muncul pada bagian mata, mulut, dan lesung pipi. Oleh sebab itu hindarilah kebiasaan merokok atau berdekatan dengan orang yang sedang merokok.
 

4. Warna kulit berubah

Rokok mengandung berbagai macam zat kimia berbahaya yang dapat berdampak pada kulit. Ya, kulit akan berubah secara perlahan. Bukan hanya mengkerut saja, tapi juga berubah warna menjadi lebih menghitam kusam. Selain itu, tekstur kulit pun akan berubah menjadi tidak lembab. Hindarilah kebiasaan merokok dan juga hindari asam rokok.

5. Muncul komedo dan jerawat

Komedo dan jerawat adalah salah satu masalah kulit yang memang dapat mengganggu penampilan. Tahukah anda bahwa komedo dan jerawat juga bisa disebabkan karena asap rokok? Ya, kotoran dan zat-zat kimia yang ada dalam asap rokok itu akan masuk ke pori-pori kulit, sehingga kulit sulit untuk bernapas. Inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.
 

6. Kulit menipis

Bukan hanya muncul komedo dan jerawat saja, tapi juga akan membuat kulit menjadi lebih menipis dari sebelumnya. Hal ini karena kandungan zat kimia yang ada dalam rokok yang mempengaruhi sirkulasi darah. Darah akan tersumbat dan menyebabkan seluruh bagian tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Inilah yang menyebabkan kulit menjadi tipis.

7. Menyebabkan bintik hitam

Kebiasaan merokok atau terlalu sering berada di tempat area dimana banyak orang merokok, itu juga dapat menyebabkan bintik hitam pada kulit. Sebab, zat-zat kimia yang terdapat dalam asap rokok dapat menyebabkan menurunnya tingkat keaslian kulit, sehingga menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit wajah.
 

8. Kanker kulit

Selain menyebabkan bintik hitam, terlalu sering merokok atau bersama dengan orang yang sedang merokok, itu juga dapat menyebabkan kanker kulit. Berdasarkan penelitian yang ada, seseorang yang sering berada di samping orang yang sedang merokok atau memiliki kebiasaan sering merokok itu memiliki resiko lebih besar terkena kanker kulit dibandingkan dengan orang yang tidak terkena asap rokok.

9. Membuat rambut lebih tipis

Bukan hanya kulit saja yang akan menipis, rambut juga akan mengalami penipisan jika terkena asap rokok terlalu sering atau terlalu lama. Rambut akan menipis, mudah rontok, beruban, dan mudah rusak. Hal ini karena kurangnya nutrisi pada rambut akibat zat racun yang ada dalam asap rokok. Oleh sebab itu hindarilah asap rokok dan kebiasaan merokok.
 

10. Muncul uban pada rambut

Seperti yang telah disinggung sedikit pada poin 9 bahwa asap rokok juga dapat menyebabkan rambut beruban, dan hal ini akan lebih cepat dari biasanya. Kandungan zat kimia yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan jaringan-jaringan pada rambut rusak serta menghambat atau menghancurkan nutrisi yang ada dalam rambut.
 
 
Tags : Skincare, Jerawat, Kecantikan, Tips Kecantikan.