You are here

Jauhi 12 Makanan Ini Kalau Gak Mau Jerawat Menyambangi!

Timbulnya jerawat bisa dipicu oleh banyak faktor, gak hanya dari genetik maupun hormon saja, Ledis. Terkadang tonjolan merah meradang ini bisa muncul karena dipengaruhi oleh asupan makanan yang masuk ke tubuh kita. Ya, tanpa disadari makanan atau minuman yang kita konsumsi ternyata mengandung zat-zat pemicu tonjolan jerawat.

Selain menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri, kamu juga harus mengubah pola hidup supaya lebih sehat. Gak cukup berolahraga teratur supaya aliran darah terjaga dan jerawat gak muncul ke permukaan. Kamu pun juga harus selektif terhadap asupan makanan dan minuman yang masuk ke mulut. Kira-kira apa saja sih yang harus dihindari?

 

1. Makanan olahan atau cepat saji perlu dihindari. Gula dan lemak di dalamnya bisa membuat si tonjolan merah jadi meradang.

Hindari makanan olahan via picssr.com

Hindari makanan olahan via picssr.com

Kamu hobi makan makanan olahan maupun cepat saji? Kabar buruknya, makanan ini bisa menimbulkan peradangan pada jerawat. Ya, makanan olahan mengandung gula dan lemak dalam jumlah banyak. Sehingga makanan ini bisa mengakibatkan diabetes, lemak di bagian perut yang berlebih, serta peradangan.

Selain itu, makanan kemasan juga gak baik untuk kesehatanmu. Makanan kemasan biasanya mengandung perasa, zat adiktif, serta bahan kimia lainnya. Hal ini bisa memicu reaksi alergi dan peradangan pada jerawat. Jika kamu sedang memiliki masalah jerawat, sebaiknya kurangi makanan ini sekarang juga.

 

2. Makanan pedas bisa menaikkan sirkulasi darah ke wajah. Hal inilah yang pada akhirnya memicu jerawat.

Hindari makanan pedas va food.detik.com

Hindari makanan pedas va food.detik.com

Masakan Indonesia memang gak bisa dijauhkan dari rasa pedas. Rasa-rasanya makanan akan terasa ada yang kurang jika tidak memiliki rasa pedas. Padahal, mengonsumsi makanan dengan rasa pedas berlebihan bisa menyebabkan jerawat lho!

Ketika kita menyantap makanan pedas, biasanya wajah akan menjadi kemerahan. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi yang naik ke wajah akan meningkat. Jerawat juga bisa muncul karena hal ini. Selain itu, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan akan menimbulkan gangguan pencernaan. Apabila pencernaan terganggu, maka jerawat juga bisa muncul di permukaan kulit.

 

3. Kacang-kacangan mengandung lemak jahat. Stop konsumsi makanan ini jika gak ingin komedo dan jerawat menyerang.

Kacang-kacangan mengandung lemak jahat via www.bgfermer.bg

Kacang-kacangan mengandung lemak jahat via www.bgfermer.bg

Kacang mengandung minyak. Mengonsumsi kacang terutama kacang tanah juga akan menimbulkan minyak di pori-pori kulit melimpah. Hal ini bisa menyumbat pori-pori kulit dan pada akhirnya bisa menimbulkan peradangan. Jika kamu gak mau hal ini terjadi, kurangi konsumsi kacang maupun makanan yang berbahan baku kacang. Misalnya saja sambal kacang, selai kacang, hingga kacang kemasan yang biasa ditemukan di supermarket.

 

4. Aneka gorengan dan makanan berminyak gak hanya memicu kolesterol. Jerawat di wajah juga bisa muncul karena hal ini.

Fried food via www.medicaldaily.com

Fried food via www.medicaldaily.com

Sama seperti kacang, gorengan juga mengandung kadar minyak yang tinggi. Selain berbahaya bagi kesehatan tubuh karena bisa memicu kolesterol, aneka gorengan juga bisa memicu timbulnya si tonjolan merah.

Mulai dari ayam goreng, kentang goreng, dan makanan kaya minyak lainnya perlu dihindari jika gak ingin jerawat menyambangi. Kamu bisa menggantinya dengan makan buah alpukat. Alpukat mengandung lemak sehat yang bisa berguna bagi kesehatan kulit dan tubuh kita.

 

5. Garam memang bumbu penyedap. Namun, tanpa disadari garam juga bisa menimbulkan peradangan.

Kurangi garam via www.ask.com

Kurangi garam via www.ask.com

Garam memang gak bisa dihindari. Disetiap makanan yang kita konsumsi pasti mengandung garam. Karena memang garam merupakan bumbu penyedap yang membuat masakan makin terasa lezat. Padahal, tanpa diketahui garam beryodium mampu menimbulkan peradangan dan menimbulkan kebengkakan pada jaringan. Jika kamu gak mau hal ini terjadi, kurangi penggunaan garam di makanan yang kamu konsumsi ya!

 

6. Kurangi konsumsi gula berlebihan. Selain demi menghindari diabetes, jerawat juga bisa berkurang karenanya.

Kurangi gula via www.huffingtonpost.com

Kurangi gula via www.huffingtonpost.com

Gula biasanya ditemukan dalam berbagai olahan minuman yang masuk ke tubuh. Padahal, gula sendiri bisa menimbulkan hormon di dalam tubuh melonjak naik. Selain itu, makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dan pada akhirnya menyebabkan jerawat muncul di permukaan kulit.

Mulai sekarang kamu bisa menggantinya dengan gula tropical untuk minuman dan menghindari kudapan manis. Selain terhindar dari jerawat, kebiasaan ini juga akan membuatmu memiliki gaya hidup sehat dan menghindari penyakit diabetes.

Sumber : http://www.ledisia.com/jerawat/jauhi-12-makanan-ini-kalau-gak-mau-jerawa...

Tags : Skincare, Tips Kecantikan, Tips Skincare.