You are here

Ketahui Pelembab Untuk Kulit Kering Dan Cara Memakainya

Pelembab dapat melindungi kulit sensitif, memperbaiki warna, tekstur, serta kulit yang kering. Ada banyak pelembab yang tersedia di pasaran, baik untuk kulit kering, normal, berminyak, dan juga pelembab khusus untuk orang yang sudah lanjut usia.

woman caring of her face with moisturizer cream

Pentingnya Pelembab untuk Kulit Kering

Kulit kering disarankan untuk tidak diabaikan dan dianggap sepele, karena kulit yang sangat kering dapat menyebabkan kulit menjadi retak dan terjadi perubahan pada permukaan kulit. Beberapa hal yang menyebabkan kulit menjadi kering di antaranya pemakaian AC, mandi uap atau sering mandi dengan air panas (hangat), memakai sabun dengan bahan kimia yang dapat menghilangkan kelembaban kulit, pertambahan usia, iritasi terhadap sesuatu (iritan), serta kondisi medis seperti psoriasis atau dermatitis atopik.

Pemakaian pelembab adalah suatu keharusan, tidak peduli apakah jenis kulit Anda berminyak, normal, kering, atau kombinasi. Namun pelembab sebaiknya dipilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Kulit kering dapat diobati atau diredakan dengan penggunaan pelembab yang khusus untuk kulit kering. Banyaknya produk pelembab untuk kulit kering di pasaran mungkin bisa saja membuat bingung. Terdapat beragam bentuk pelembab mulai dari krim, losion, atau salep.

Untuk mengatasi dan merawat kulit yang kering, selain memilih pelembab khusus untuk jenis kulit kering, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan, di antaranya:

  • Untuk mengembalikan kondisi kulit kering, pilihlah pelembab yang berbahan dasar minyak untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Untuk kulit yang sangat kering dan retak, Anda dapat memilih produk pelembab untuk kulit kering yang berbahan dasar petrolatum. Petrolatum lebih efektif dalam mencegah air menguap dari kulit Anda.
  • Gunakan pelembab yang ringan pada pagi atau siang hari, dan pelembap yang agak berat pada malam hari. Selain itu, pelembab untuk kulit kering yang dapat Anda pilih untuk pemakaian siang hari adalah pelembab yang memiliki perlindungan terhadap sinar ultraviolet, dengan SPF minimal 30.
  • Pelembab yang mengandung antioksidan seperti teh hijau, chamomile, dan delima, juga dapat membantu menjaga kulit tetap segar dan sehat. Antioksidan mampu membantu menetralisir radikal bebas. Anda juga dapat mencari pelembab untuk kulit kering yang mengandung bahan hyaluronic acid dan dimethicone yang dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.
  • Jangan memilih pelembab yang mengandung terlalu banyak asam, seperti alpha-hidroxy acids (AHA), asam glikolat, asam retinoat, dan asam salisilat. Pada kulit kering, asam-asam tersebut dapat menembus jauh ke dalam kulit dan menimbulkan masalah pada kulit yang sensitif. Selain itu, jauhi pelembab yang mengandung alkohol dan bahan pewangi.
  • Jauhi juga pelembab untuk kulit kering yang mengandung urea atau asam laktat, karena dapat memperparah iritasi kulit.

Untuk mengatasi dan merawat kulit kering, pelembap tentunya harus digunakan dengan cara yang benar. Adapun cara untuk menggunakan pelembab tersebut yakni:

  • Menggunakan pelembab setelah mencuci muka. Ini adalah waktu yang terbaik memakai pelembab untuk kulit kering, karena seringkali kelembaban alami kulit juga ikut terangkat pada saat mencuci muka.
  • Oleskan pelembab dengan tangan bersih. Hal ini untuk mencegah kotoran menyumbat pori-pori Anda. Oleskan pelembab pada bagian wajah, terutama area pipi, dahi, dagu, dan hidung. Jangan mengoleskan terlalu banyak pelembab dan jangan mengoleskan pelembab di daerah yang berminyak.
  • Biarkan pelembab meresap ke kulit Anda. Berikan waktu setidaknya dua menit sampai pelembab meresap ke dalam kulit, sebelum Anda memakai tabir surya ataumake up.
  • Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terasa lembab dan kenyal. Terlalu banyak pelembap akan membuat kulit Anda terlihat mengkilap dan berminyak. Apabila kulit terlihat kusam, bersisik atau kasar, itu berarti pelembab yang Anda gunakan kurang efektif.

Jika penggunaan pelembab untuk kulit  kering yang tepat tidak dapat membantu mengatasi masalah kulit Anda, segeralah berkonsultasi pada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber : http://www.alodokter.com/ketahui-pelembab-untuk-kulit-kering-dan-cara-me...

Tags : Pelembab wajah, Skincare, Tips Kecantikan, Kecantikan, Pelembab Kulit Kering